Minggu, 26 Januari 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Januari 2014



Dua hari sebelumnya ada seorang Bhiksu muda datang mengunjungiku, menanyakan pengalamanku dalam belajar ajaran sutra, kemudian dia mengeluarkan belasan jenis buku sutra dan mengatakan padaku bahwa ini semua adalah sutra dan sastra besar.

Setiap metode adalah yang terunggul, tidak ada yang berada di urutan kedua, tetapi  jika belajarnya sedemikian, apakah anda dapat menyerapnya? Apakah anda dapat membaca keseluruhannya? Harus mengukur kemampuan diri sendiri, jika tidak memiliki kesanggupan maka cara belajar ini adalah salah; sebaliknya praktisi yang tidak memiliki kesanggupan, tetapi bila telah memilih dengan tepat maka dia juga akan berhasil.

Maka itu saya memberitahukannya untuk belajar satu macam saja, mana mungkin mempelajari sampai belasan sutra? Ini tidak mungkin bisa berhasil, dari belasan jenis sutra yang diketahui cuma sejengkal saja, hanya pengetahuan umum saja, satu pintu pun tidak bisa ditembusinya, anda telah gagal secara keseluruhan.

Buddha Sakyamuni tidak memintamu untuk belajar banyak-banyak, tetapi mengajarimu untuk menfokuskan diri pada satu pintu Dharma dan melatihnya secara berkesinambungan. Sepanjang hidup Buddha membabarkan banyak sutra, adalah untuk masing-masing insan yang berbeda akar kebijaksanaannya, kemudian membiarkan dirimu memilih salah satu. Jika ingin berhasil maka harus menfokuskan diri pada satu pintu Dharma.

Ibarat sebuah ruangan, ruangan ini memiliki banyak pintu masuk, jika anda masuk dari satu pintu saja, maka anda akan berhasil masuk ke dalam, sedangkan jika anda memilih dua pintu maka anda tidak mungkin bisa masuk ke dalam. Dua pintu saja tidak berhasil masuk apalagi jika anda memilih banyak pintu?  Ini tidak mungkin.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Januari 2014


前天還有個年輕的法師來看我,問我學習經教的次第,舉了十幾種,告訴我。這十幾種大經大論,門門都是第一,沒有第二的,但是如果都學,你能消化得了嗎?你能夠讀得完嗎?自己一定要量力,如果自己能力不夠,這種選擇就錯了;實在沒有能力的人,選對了他也會成功。

所以我告訴他只能學一樣,怎麼能搞十幾樣?這不能成就的,十幾樣都是皮毛、都是常識,一門都不精通,你就全盤失敗了。釋迦牟尼佛一生沒有教你廣學多聞,而是教你一門深入,長時薰修。佛一生講那麼多經,是為不同根性人說的,讓你自己去選擇,真正要成就,一門就能入。好像房子一樣,這房子開了很多門,你從一個門你能進去,你從兩個門你進不去。兩個門都進不去了,何況多門?那是不可能的。

二零一二淨土大經科註  (第五六六集)  2014/1/3