Minggu, 19 Oktober 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Oktober 2014



Keindahan Alam Sukhavati memang sudah ada sejak semula di dalam jiwa sejati kita, jadi bukan berasal dari luar, ketika anda menemukan kembali jiwa sejati maka anda akan mencapainya. Sampai taraf mana keindahannya? Ini tidak mungkin bisa anda bayangkan, setelah terlahir ke Alam Sukhavati anda akan dapat melihat dan menikmatinya.

Maka itu jangan sampai diperdaya oleh berkah kecil Alam Dewa dan Alam Manusia ini, sehingga melupakan keindahan yang berasal dari jiwa sejati anda sendiri. Siapa saja yang dapat mencapainya? Mereka yang melepaskan enam alam tumimbal lahir yang akan mencapainya. Sedangkan orang yang masih mendambakan enam alam tumimbal lahir dan Dasa Dharmadhatu (10 Alam Dharma), mereka takkan berdaya mencapainya, mereka takkan bisa keluar, orang awam tidak mampu keluar dari enam alam tumimbal lahir, sedangkan Sravaka, Pratyeka Buddha, Bodhisattva tidak mampu keluar dari  Dasa Dharmadhatu. Apa alasannya?  Karena tidak sudi melepaskan.

Mengapa dia tidak sudi melepaskan? Karena tidak memahami kebenaran yang sesungguhnya. Setelah belajar Ajaran Buddha menjadi siswa Buddha, apakah sudah sanggup melepaskan? Belum tentu. Praktisi yang memiliki akar kebijaksanaan terunggul, setelah mendengar Ajaran Buddha akan segera memahami kebenaran yang sesungguhnya, segera melepaskan semua kemelekatan, dia bukan hanya dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir namun juga berhasil keluar dari Dasa Dharmadhatu, dia terlahir ke Alam Dharma Tunggal Sejati yakni Alam Sukhavati, ini barulah dapat mencapai kesempurnaan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Oktober 2014


極樂世界依正莊嚴是我們自性本有的,不是從外來的,你明心見性,你就能證得。美好到什麼程度?那是你無法想像,往生到極樂世界你就見到了,你就接觸到,你就享受到。所以千萬不要被人天這小果報迷惑了,你把自性裡頭的真善美慧忘掉了。什麼人能證?放下六道十法界的人就能證。對於六道十法界有留戀的人,他沒有辦法證得,他出不去,凡夫出不了輪迴,聲聞、緣覺、菩薩出不了十法界。原因是什麼?不肯放下。他為什麼不肯放下?他對於諸法實相沒搞清楚。學了佛,做了佛的弟子,能不能放下?不一定。佛弟子當中有三根之不同,上上根人聽佛說法明白了,事實真相搞清楚了,徹底放下,他不但出六道,他還出十法界,他往生到一真法界。一真法界就是極樂世界,這才能證得圓滿。

文摘恭录 —二零一四淨土大經科註  (第一一七集)  2014/10/12










Setelah melafal Amituofo hingga berhasil, meskipun masih memiliki masa hidup namun juga tidak dikehendakinya lagi, memohon agar Buddha Amitabha datang menjemputnya ke Alam Sukhavati, Buddha Amitabha akan mengabulkan permohonan ini. Namun bisa juga tidak ingin pergi dulu dan masih mau bertahan di dunia ini, mengapa demikian? Mencapai KeBuddhaan di dunia ini lebih cepat dibandingkan dengan Alam Sukhavati.

Di Alam Sukhavati segalanya lancar-lancar saja; sedangkan di alam ini cobaan siap menerpa setiap saat, andaikata anda dapat melewati semua rintangan, maka ini seperti yang dikatakan oleh praktisi senior jaman dulu, yakni melatih diri sehari di alam saha, serupa dengan melatih diri seratus tahun di Alam Sukhavati. Jalinan jodoh buruk dan rintangan yang terlampau banyak, anda dapat berhasil melewatinya, melewatinya dengan lancar dan takkan terpengaruh, maka jasa kebajikan ini sungguh hebat.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Oktober 2014


得到這個成就,雖然還有壽命,不要了,求阿彌陀佛來接你往生,佛會來接你往生。如果還在這個世間,不想往生,為什麼?在這個世間成佛快,比極樂世界快。極樂世界是風平浪靜,一帆風順;這個地方是大風大浪,大風大浪你能夠通過,所以古德講的在娑婆世界修行一天,抵得在極樂世界修行一百年,道理在此地。惡緣太多,障礙太多,你都能夠通過,順利通過,不受干擾,這個功德了不起。

文摘恭录 —二零一四淨土大經科註  (第一一七集)  2014/10/12










Seunggul apapun berkah Alam Dewa dan Alam Manusia, namun takkan dapat dibandingkan dengan Alam Sukhavati, Alam Sukhavati telah sempurna akan segalanya, takkan ditemukan secuil pun kelemahannya. Usia penghuni Alam Dewa memang panjang, namun ada batasnya, usia penghuni Surga naiva-sajjñin-nāsajjñin (Pali : neva-saññināsaññin) adalah 80 ribu kalpa besar, 80 ribu kalpa besar juga ada batas waktunya, ketika hari terakhir tersebut tiba apa yang akan terjadi? Di dalam sutra, Buddha membabarkan pada kita bahwa setelah kehidupan Dewa itu berakhir maka dia akan jatuh kembali, karena dia telah memanjat hingga yang paling tinggi, di atasnya sudah tidak ada lagi, maka dia akan jatuh ke tingkatan bawah.

Betapa menyedihkan makhluk enam alam tumimbal lahir, naik dan turun, perlahan memanjat sampai ke atas lalu turun lagi, beginilah makhluk di enam alam tumimbal lahir. Maka itu Ajaran Buddha amatlah penting, ajaran yang dibabarkan Buddha adalah mengalir dari hati sejati, ketulusan dan maitri karuna, kita harus tulus dan memiliki rasa hormat barulah dapat menerimanya. Apabila masih memiliki keraguan terhadap ajaran sutra maka ini akan menjadi halangan bagi anda untuk terlahir ke Alam Sukhavati. Siapa yang menghambat dirimu? Yakni diri sendirilah yang merintangi diri sendiri, bukan orang lain.

Setelah jelas akan hal ini, tiada sesuatu apapun yang bukan karena diperbuat oleh diri sendiri dan akibatnya juga diterima oleh diri sendiri, karena itu jangan menyalahkan orang lain, semua ini karena kecerobohan diri sendiri, diri sendiri yang tersesat, diri sendiri tidak memahami isi ceramah, membuat penafsiran sendiri, maka masalah pun muncul keluar.   

Orang seperti ini sangat banyak, bahkan terlalu banyak, ada berapa orang yang begitu mendengar ceramah langsung timbul keyakinan? Sebagian besar orang, hatinya tidak teguh, karena tidak memiliki ketetapan hati sehingga belajarnya jadi kacau balau, ketika hanya belajar satu pintu Dharma saja maka masih lumayan, tetapi setelah belajar dua pintu Dharma maka hatinya mulai merasa ragu, ketika belajar tiga pintu Dharma maka dia jadi tersesat. Semakin banyak semakin merepotkan, semua ingin dipelajarinya maka jadi kacau, pikiran jadi kalut, caranya pun jadi amburadul. Ini juga berarti dia tidak memahami apa yang sebenarnya diajari Buddha, dia hanya belajar tapi tak punya tujuan.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 12 Oktober 2014


人天果報再殊勝,也比不上極樂世界,極樂世界是一了一切都了,再沒有後遺症了。天上壽命長,還是有盡頭,非想非非想天壽命八萬大劫,八萬大劫有到頭的一天,到了怎麼辦?佛在經上告訴我們,到了又往下墜落,他爬得最高,上面沒有了,他掉下來就跌到地面,就下來了。六道眾生多可憐,上上下下,爬到最高掉下來,再慢慢又爬到最高又掉下來,這六道眾生。所以佛陀的教誨非常重要,佛的教學從真心流露的,真誠、慈悲流露出來的,我們要真誠、恭敬才能接受。我們對這個經教有絲毫懷疑就完了,對你這一生往生產生重大的障礙。誰障礙你?自己障礙自己,不是別人。參透了,無有一法不是自作自受,你不會怨天尤人,都是自己糊塗、自己迷惑,自己沒有把經教的真實義聽懂,在那裡猜測,問題就出來了。這樣的人多,很多很多,幾個人一聽就真信了?絕大多的人,心都是不定的,不定他修學就亂了,聽一個法門還不錯,聽兩個法門他就懷疑了,聽三個法門他就迷惑了。愈多愈麻煩,樣樣都想學不學亂了,心亂了,方法也亂了。這就是說不知道佛到底是教什麼,他都學,他沒有目標。

文摘恭录 —二零一四淨土大經科註  (第一一七集)  2014/10/12