Rabu, 09 Juli 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 Juni 2014



Memberikan ceramah Dharma adalah hal yang besar dan bukan hal kecil, pada jaman dahulu, praktisi yang belum mencapai pencerahan besar tidak boleh keluar berceramah. Pencerahan besar bukanlah hal yang mudah, maka itu Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) mengajari kami untuk menceramahkan penjelasan sutra, penjelasan sutra merupakan buah pena para sesepuh jaman dulu, yang juga merupakan hasil karya mereka yang telah mencapai pencerahan besar.

Kita menceramahkan menuruti isi penjelasan, penjelasan takkan salah, meskipun terdapat kesalahan, itu juga merupakan tanggungjawab si penulisnya, bukan tanggungjawabku, saya tidak memiliki kesalahan, kesalahan ada pada dirinya, saya hanya menceramahkan isi penjelasan sutra yang ditulisnya, sehingga dipahami, yang penting tidak salah menceramahkannya.

Maka itu menceramahkan penjelasan yang dibuat oleh para sesepuh terdahulu, hati kita pun terasa tenang, sesungguhnya kami sendiri tidak memiliki kesanggupan untuk membuat penjelasan sutra, saya sendiri tidak pernah melakukan pekerjaan membuat  penjelasan sutra. Sedangkan karya tulisku yang telah beredar adalah hasil ceramahku yang dicatat oleh para rekan lainnya, kemudian dipublikasikan.  Hanya sebagian kecil yang pernah saya lihat secara keseluruhan, namun sejumlah besar tidak pernah saya lihat.

Apakah perlu belajar ajaran sutra? Perlu, terutama pada masa seperti sekarang ini. Cara belajar yang pasti adalah dengan menfokuskan diri pada satu sutra dan mendalaminya berkesinambungan selama jangka waktu panjang. Setelah tercapainya pencerahan dalam satu sutra tersebut, barulah boleh mempelajari yang kedua, pada saat itu belajarnya akan cepat mencapai kemajuan, rintangan juga sudah tidak ada lagi.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 30 Juni 2014



講經是大事不是小事,古時候,沒有大徹大悟不能出來講經。大徹大悟談何容易,所以老師教給我,我們講註解,註解是古人作的,是大徹大悟人作的。我們照註解講,註解沒講錯,要註解錯了,是他的責任,不是我的責任,我沒有過失,他有過失,我只要把註解講清楚、講明白,沒有講錯就對了。所以講古人註解,我們這心就定了,自己確實沒有能力註經,我沒有做過註經的工作。也出版了不少東西,都是我講的,同學們記下來,他們出版了。有些少數我從頭到尾看過,大多數我都沒有看過。  

學習經教有沒有必要?有,特別是在這個時代。學習的方法一定是一門深入、長時薰修。一部經裡面得到消息了,有了悟處,才可以學第二部,那個時候學,進度就快了,障礙沒有了。

二零一四淨土大經科註  (第六十八集)  2014/6/30