Senin, 24 November 2014

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 November 2014



Kita memastikan ketrampilan melatih diri sendiri sampai di tahapan mana, dari mana kita dapat mengujinya? Yakni seuntai kalimat ini “suci, setara dan tercerahkan”, ini adalah ukuran yang pasti. Andaikata anda mengatakan bahwa ketrampilan pelatihan diri anda sebagus apapun, namun hati anda tidak suci, maka sesungguhnya anda tidak memperoleh hasil apapun, anda tetap masih adalah orang awam.

Apa yang anda peroleh, yang bagus hanyalah berkah alam manusia dan Alam Dewa; sebaliknya jika yang tidak bagus adalah setelah banyak menimbun berkah alam manusia dan Alam Dewa, hingga bagi mereka yang memberi ceramah Dharma, namun di dalam pikiran dan tindakan mereka adalah keserakahan, kebencian, kebodohan, keangkuhan, sedangkan maitri, karuna, mudita dan upeksa tidak sempurna, maka besar kemungkinannya terlahir ke Alam Dewa, atau juga terlahir ke Alam Asura, Raksasa. Mengapa demikian?

Andaikata anda masih memiliki iri hati yang sangat kuat, dendam, berkah kebajikan anda dalam menyebarkan Dharma sangat besar, menjadi Raja Asura, Raja Raksasa, setelah berkah habis dinikmati, buah akibatnya jatuh ke tiga alam penderitaan. Setelah jelas dan memahami akan hal ini maka setiap niat pikiran yang muncul dengan sendirinya seluruhnya adalah Amituofo, mengapa demikian?

Hanya Buddha Amitabha yang dapat membantu diriku selamanya terbebas dari enam alam tumimbal lahir. Seperti kata Master Ou Yi, meskipun hanya terlahir pada bunga teratai tingkatan paling bawah sekalipun, saya juga akan sangat bersukacita. Mengapa demikian? Dapat terlepas dari penderitaan yang sesungguhnya dan memperoleh kebahagiaan yang sesungguhnya.   

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 November 2014


我們印定我們自己功夫到什麼程度,從什麼地方去測驗自己?就這一句「清淨平等覺」,這是絕對標準。你說我修的功夫再好,我心不清淨,你什麼也沒成就,你依舊是凡夫。你所得的,好的,人天福報;如果說不好的,修了不少人天福報,乃至於講經說法,但是心行裡頭貪瞋痴慢沒有真正放下,慈悲喜捨不圓滿,那就非常有可能生到天道,或者生到修羅、羅剎。為什麼?如果你還有強烈的嫉妒心、報復心,你弘法利生福報很大,當阿修羅王、羅剎王,福享盡了,果報在三途。都要搞清楚,都要搞明白。搞清楚、搞明白之後,起心動念自自然然全是阿彌陀佛,為什麼?只有阿彌陀佛能夠幫助我永遠脫離六道輪迴。就像蕅益大師所說的,哪怕是下下品往生,我也非常歡喜、非常高興。為什麼?離究竟苦,得究竟樂,這還得了!


文摘恭二零一四淨土大經科註  (第一三三集)  2014/11/14